Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

Keajaiban pembuluh darah dan pentingnya mempertahankan kelancaran aliran darah

Tuesday, 17 December 2019

Keajaiban pembuluh darah dan pentingnya mempertahankan kelancaran aliran darah

 

Tahukah anda bahwa pembuluh darah kita bila dibentangkan seluruhnya menjadi satu garis lurus maka dapat melingkari bumi? Bayangkan pembuluh darah sepanjang itu, dimampatkan dalam tubuh kita yang sekecil ini. Itu berarti hampir setiap milimeter tubuh kita dipenuhi dengan jaringan pembuluh darah.

 

Anda tentu pernah merasakan tertusuk jarum bukan? meskipun hanya satu titik yang terluka, tetapi satu bahkan dua tetes darah akan keluar dari luka tusukan jarum tersebut. Dalam satu luka tusukan jarum, mungkin sudah ratusan pembuluh darah halus yang robek dan terpecah, sehingga darah bisa keluar dan terlihat oleh kita.

 

Pembuluh darah manusia termulai dari yang besar sampai yang paling halus. Mulai dari pembuluh arteri sampai pembuluh balik atau vena. Pembuluh darah terbesar yaitu aorta bisa seukuran jari tangan kita, dan yang terkecil yaitu kapiler sangat halus sehingga harus dilihat dibawah mikroskop.

 

Ketika jantung memompa, darah didorong ke arteri yang membawanya pergi dari jantung. Arteri terhubung ke pembuluh yang lebih kecil dan berdinding tipis yang disebut kapiler. Di kapiler, oksigen berpindah dari darah ke dalam sel-sel tubuh. Demikian juga dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel, akan berpindah melalui pembuluh darah kapiler. Begitu halusnya kapiler, bila diibaratkan secara awam, seperti rambut dibelah tujuh. Kemudian vena membawa kembali darah yang sudah diambil oksigen dan nutrisinya kembali ke jantung, untuk dipompakan kembali dan mengalir lagi, terus demikian berulang ulang. Jantung manusia sehat mampu memompa darah sebanyak hampir 5 liter per menit, dan 2,5 juta liter pertahun.

 

Kebanyakan orang akan sadar jika terjadi gangguan pada pembuluh darah besar, misalnya aterosklerosis (pengerasan), apalagi sampai menimbulkan sumbatan, seperti pada kasus serangan jantung dan stroke. Atau bisa juga terjadi pelebaran seperti aneurisma atau varises. Namun, jarang yang menyadari jika ada gangguan pada pembuluh yang lebih kecil, karena gejalanya tidak begitu nyata. Bisa berkisar mulai dari kesemutan ringan sampai mati rasa bahkan infeksi yang tidak kunjung sembuh sampai berujung pada amputasi.

 

Banyak orang tidak menyadari saat dia sedang berproses menuju penyakit paling mematikan misalnya serangan jantung dan stroke, dimana itu adalah akibat tidak lancarnya aliran darah yang kemudian membuatnya tersumbat.

 

Oleh karena itu menjaga kesehatan pembuluh darah sangat penting, karena itu berarti kita menjaga aliran darah tetap lancar. Dengan aliran darah yang lancar maka sel-sel tubuh kita akan mendapatkan nutrisi yang baik dan kesehatan kita akan terpelihara dengan maksimal.

 

Kerusakan pembuluh darah sudah berlangsung sejak usia muda dan akan dipercepat oleh kebiasaan buruk merokok dan konsumsi karbohidrat serta lemak tinggi. Mayoritas orang sekarang relatif gemuk, karena pola hidup yang kurang bergerak dan pola makan yang buruk. Kegemukan akan merusak pembuluh darah. Setiap kilogram lemak berlebih membutuhkan sekitar satu mil ekstra pembuluh darah dan itu berarti memperberat pekerjaan jantung. Bayangkan tambahan pipa di rumah anda yang cukup banyak tentu perlu mengganti pompa air yang lebih kuat bukan?

 

Bila ingin tetap sehat sebaiknya kita harus cukup minum air putih, mengurangi makanan berlemak, berusaha aktif sehingga tidak banyak lemak di dalam tubuh dapat mengurangi kemungkinan terjadinya sumbatan. Tetapi sulit sekali untuk bisa disiplin melakukan pola hidup sehat seperti ini. Sebisa mungkin tetap berusaha dijalani.

 

Selain menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, bila aliran darah ingin terpelihara dengan baik perlu diperhatikan kekentalan darah sehingga tidak mudah mengalami sumbatan.

 

Anda dapat membantu aliran darah lebih lancar dengan mengkonsumsi suplemen herbal yang memang secara turun temurun dan sudah dibuktikan secara ilmiah dapat membantu memperancah aliran darah.

 

Jahe, curcuma, mengkudu, dan kencur, adalah herbal alami yang terbukti turun temurun, bahkan dengan banyak penelitian ilmiah membantu kesehatan kita. Salah satu manfaat penting dari herbal ini adalah memperlancar aliran darah dan mempertahankan pembuluh darah tetap sehat.

 

Mengolah dari bahan mentah menjadi jamu siap konsumsi tentu memerlukan waktu dan upaya yang tidak sedikit. Belum lagi tingkat kematangan, proses yang tidak seragam dapat mengurangi manfaat dari herbal ini saat kita konsumsi.

 

Tapi sekarang untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Jahe, curcuma, mengkudu dan kencur, tidak perlu repot lagi, ABE sudah menyediakan paduan 4 herbal alami ini dalam bentuk konsentrat, yang anda bisa bawa dalam kemasan kecil sehingga sangat praktis. Menggunakannya juga cukup di teteskan ke air minum atau makanan. Konsumsi dapat menjadi rutin tanpa kerepotan berarti. Di proses dengan standarisasi yang baik sehingga dipastikan aman serta baik untuk dikonsumsi.

 

Perlu diingat bahwa suplementasi herbal sebaiknya dikonsumsi rutin dengan jangka menengah baru bisa merasakan manfaatnya. sehingga kepraktisan menjadi kunci penting bagi rutinitas penggunaannya.

 

Sumber : Andri Havyatra Lubis Konsultan PT. ABE