Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

8 TANDA-TANDA TUBUH MENGALAMI HEAT-STROKE

Friday, 13 October 2023

KENALI 8 TANDA TUBUH MENGALAMI HEAT-STROKE

Hai Mitra ABE,

Semoga kita semua dalam keadaan yang selalu sehat, bahagia dan keluarga selalu harmonis.. Aamiin.. Saat ini Indonesia tengah mengalami musim kemarau, namun tidak seperti biasanya, musim kemarau kali ini lebih kering dan lebih panas. Kondisi yang dipicu oleh gelombang El Nino dan IOD Positif, yang menyebabkan anomali kenaikan suhu dan berkurangnya curah hujan dari kondisi normal. Polusi udara Jakarta dan sekitarnya begitu juga di kota besar lainnya, semakin turut menambah kondisi lingkungan sekitar kita menjadi sangat kurang nyaman. Oleh karenanya kita perlu terus mengonsumsi vitamin ataupun suplemen terbaik yang kita yakini bisa untuk menambah imunitas tubuh kita sehari-hari menjadi lebih optimal seperti produk PROLISDA.

Suplemen herbal dengan kandungan Brazilian Propolis dan Habbatussaudah yang terbukti memiliki kandungan antioksidan artepilin-C yang sangat baik untuk mencegah bahaya radikal bebas yang terhirup melalui kondisi udara dan cuaca yang sedang sangat kurang ramah seperti saat ini.

Mitra ABE, Kondisi kemarau yang kita rasakan saat ini panasnya begitu tinggi, telah terjadi bencana kekeringan yang cukup serius di beberapa daerah khususnya di Indonesia, serta berdampak kepada banyak hal selain dari berkurangnya beberapa produksi hasil pertanian, hal ini juga berdampak terhadap kesehatan hewan dan terlebih juga terhadap dampak negative bagi kesehatan manusia. Kondisi paling berat pada tubuh manusia akibat cuaca panas yang cukup tinggi, sementara tubuh kita tidak bisa mengontrol suhu badan. Suhu badan manusia yang dapat berubah meningkat dengan cepat, hingga 40°C atau bahkan lebih tinggi lagi dalam waktu yang hanya 10 sampai 15 menit saja dan menyebabkan tubuh tidak bisa mengeluarkan keringat. Kondisi serangan panas seperti ini dikenal dengan istilah Heat-stroke.

Menurut artikel halodoc.com, Heat-stroke adalah keadaan darurat dimana anak-anak maupun orang dewasa memiliki resiko yang sama. Pada saat suhu tubuh naik diatas 40°C, kondisi tersebut membuat sistem internal tubuh perlahan mulai mati. Umumnya tubuh mengeluarkan keringat untuk membantu menjaga suhu tubuh melalui penguapan. Akan tetapi, saat seseorang mengalami dehidrasi, tubuh tidak mengeluarkan banyak keringat, sehingga beresiko membut darah menggumpal, sehingga fungsi organ dalam tubuh pun akan mengalami gangguan, jika dibiarkan akan membuat banyak organ tubuh akan mengalami kerusakan jaringan. Suhu tubuh pun harus segera diturunkan, Jika tidak, pengidap bisa saja mengalami perubahan sistem syaraf pusat, yang berujung pada koma, dan kejang-kejang. Gejala Heat-stroke yang dibiarkan begitu saja dapat memicu kerusakan hati, ginjal, otot, dan juga jantung. Disamping itu, Heat-stroke juga memicu turunnya kondisi mental seseorang, seperti tampak kebingungan, linglung dan tidak sabar.

Nah, untuk mencegah banyak hal yang tidak kita inginkan, kita perlu mewaspadai beberapa hal penting berikut ;
 
  • Gejala Heat-stroke
    1. Gejala utama adalah meningkatnya suhu tubuh diatas 40°C yang sangat  cepat
    2. Perubahan kondisi mental dan perilaku seperti kebingungan, agitasi (jengkel, gelisah, cemas), bicara cadel, iritabilitas, delirium (gangguan mental perubahan yang cepat dalam fungsi otak), kejang serta koma
    3. Akibat sengatan panas yang tinggi, maka kulit terasa panas, dan kering saat disentuh
    4. Mual dan muntah
    5. Kulit memerah karena suhu tubuh yang meningkat
    6. Meningkatnya frekuensi nafas, nafas menjadi lebih cepat dan pendek
    7. Peningkatan detak jantung secara signifikan, kondisi tersebut terjadi karena tekanan panas membuat jantung bekerja ekstra untuk membantu mendinginkan tubuh
    8. Sakit kepala dengan sensasi rasa berdenyut
     
  • Kondisi yang bisa memicu Heat-stroke
    - Dehidrasi, yang disebabkan oleh banyaknya keringat yang keluar dari dalam tubuh akibat paparan suhu tinggi
    - Kurang sirkulasi udara saat bekerja atau beraktivitas di ruangan tertutup
    - Paparan sinar matahari antara jam 11 pagi hingga 15 sore
    - Menghadiri acara dalam ruangan dengan kondisi panas dan ramai orang
    - Paparan panas radiasi dari kebakaran hutan
     
  • Pertolongan pertama Heat-stroke
    - Pindahkan korban ke tempat yang lebih teduh, untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung yang dapat meningkatkan suhu tubuh, atau ke tempat ruangan ber AC (Air Conditioner)
    - Kompres kepala, leher, ketiak, selangkangan, area yang memiliki banyak pembuluh darah untuk menurunkan suhu, menggunakan kain atau handuk yang telah dibasahi dengan air dan dingin
    - Bila penderita Heat-stroke sadar, berikan minum air mineral yang cukup banyak untuk mencegah dehidrasi akut. Hindari memberikan air minum yang terlalu dingin atau mengandung kafein apalagi alkohol
    - Monitor suhu badan dan lanjutkan tindakan awal diatas sampai suhu badan korban turun dibawah 38 Derajat Celcius
    - Segera hubungi dokter untuk pertolongan lebih lanjut
     
  • 5 Langkah pencegahan Heat-stroke
    - Gunakan pakaian yang longgar, berwarna terang, dan berbahan ringan saat ingin keluar rumah
    - Pakailah topi dengan tepi yang lebar
    - Oleskan tabir surya pelindung kulit dengan SPF minimal 30
    - Cukupi asupan cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi
    - Hindari aktivitas berat diluar ruangan saat cuaca sedang panas terik


    Gangguan kesehatan akibat Heat-stroke, berikut ini adalah gangguan kesehatan akibat Heat-stroke :
    1. ARDS
    ARDS atau gangguan pernapasan akut merupakan salahsatu gangguan kesehatan akibat Heat-stroke. Kondisi ini terjadi ketika paru-paru menjadi sangat meradang akibat dari infeksi atau cedera. Seringkali saat Heat-stroke, mereka mengalami kesulitan mengatur nafas atau bernapas dengan cepat dan pendek, selain itu detak jantung pun meningkat. Hal ini karena dalam cuaca panas tubuh akan mengeluarkan lebih banyak keringat dan berpotensi mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini bisa saja mengeringkan saluran hidung, bronkial, dan paru-paru, yang mengakibatkan sesak nafas. Selain itu udara panas mengandung lebih banyak uap air, sehingga kandungan oksigennya lebih sedikit dan kelembababn udaranya lebih tinggi.

    2. Pingsan dan Pembengkakan Otak
    Saat cuaca panas jantung akan bekerja lebih keras, Namun pada cuaca panas yang ekstrem, jika jantung didorong terlalu keras, jantung dapat berhenti bekerja secara efektif, dan akhirnya menghentikan aliran darah ke otak dan organ lainnya. Akibatnya otak kekurangan oksigen dan menyebabkan pingsan. Dikasus yang lebih serius, Heat-stroke juga dapat menyebabkan pembengkakan otak. Ketika suhu tubuh naik 40°C, penghalang antara pembuluh darah dan otak mulai rusak. Penghalang ini berfungsi mencegah masuknya partikel dan bakteri, serta mengalirkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan otak. Pada suhu tinggi, protein dan ion yang tidak dibutuhkan dapat menumpuk diotak, sehingga mengakibatkan terjadinya pembengkakan.

    3. Gagal Ginjal
    Selain masalah pada pernapasan dan otak, gagal ginjal juga menjadi salahsatu gangguan kesehatan akibat Heat-stroke. Saat seseorang mengalami Heat-stroke, umumnya mereka juga akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi akan menyebabkan tekanan darah rendah, dan penurunan fungsi ginjal. Akibatnya banyak sistem metabolism mulai mati sebagai respon terhadap Heat-stroke, dan penurunan fungsi ginjal, merupakan salah satu kelainan dari sistem metabolism tersebut. Ingat, selama mengalami heatstroke, atau terpapar cuaca yang sangat panas, hindari penggunaan obat antiinflamasi non steroid, seperti ibuprofen, sebab obat ini beresiko menyebabkan gagal ginjal akut.

    4. Kematian
    Kemungkinan terburuk dari heatstroke adalah kematian. Kematian dapat terjadi sebab saat suhu inti tubuh naik terlalu tinggi, otak atau organ vital lainnya dapat membengkak, dan kemungkinan mengakibatkan kerusakan permanen. Contohnya usus melepaskan racun ke dalam tubuh, sel-sel mulai mati, dan respon peradangan yang menghancurkan dapat terjadi. Karena itu jika Kamu atau orang terdekat mu mengalami gejala Heat-stroke, segera bawa ke rumah sakit terdekat, agar dapat penanganan cepat.

    Itulah beberapa gangguan kesehatan akibat Heat-stroke yang kami rangkum untuk menambah wawasan kesehatan kita semua.

    Sumber: halodoc.com