Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

Mengenal Buah GOJI BERRY yang kaya manfaat untuk kesehatan

Friday, 04 August 2023

Mengenal buah Gojiberry yang kaya manfaat untuk kesehatan

 

Salam Sehat Luar Biasa Mitra ABE...!

Mitra ABE, untuk yang belum pernah mengenal lebih jauh tentang buah Goji berry, Kami rangkum dari beberapa artikel menarik terkait Goji berry, dimana sisi paling menarik dari hal ini adalah karena menjadi salah satu jenis buah yang terkandung di dalam produk terbaik kita, yaitu produk Fiforlif.

Goji Berry, buah yang dipercaya sebagai resep untuk awet muda dan usia panjang hingga 100 tahun, yang telah menjadi bagian dari budaya China sejak abad ke-3, dan sekarang dipandang sebagai makanan super yang ada di bumi saat ini. Berry kecil berbentuk oval ini juga kerap disebut berlian merah, karena dianggap memiliki kekuatan manfaat anti-penuaan dan dianggap makanan super. Tetapi bagi masyarakat China, buah yang telah mereka gunakan sebagai obat sejak abad ke-3 itu mereka sebut Goji berry atau Wolfberries.

Goji berry (Lycium barbarum) adalah sejenis tanaman semak yang berasal dari negeri China. Goji berry merupakan tanaman satu keluarga dengan kentang, tomat, terong, cabai, dan tembakau. Nama lain dari Goji berry adalah wolfberries. Tanaman ini bisa tumbuh hingga setinggi 3 meter. Warna buahnya cukup menarik, yakni oranye kemerah-merahan. Diameter buah ini 1-2 centimeter. Di Asia, banyak orang yang mengonsumsi goji berry dengan harapan agar memiliki umur yang panjang.

Ditanam di hampir seluruh China, namun dari geologi unik Ningxia-lah yang menghasilkan hasil panen yang paling berkualitas baik. Dipengaruhi kondisi angin gunung yang sejuk, tanah yang kaya akan mineral yang diirigasi oleh aliran air dari sungai Kuning yang terkenal, yang membuat goji berry Ningxia begitu berharga. Begitu pendapat Evan Guo, dari Ningxia Baishi Hengxing Food Technology Co. Para petani mereka memanen buah dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan sepanjang sejarah.

Dari bulan Juli hingga September setiap tahun, para buruh tani berjongkok didepan semak-semak tanaman goji berry setinggi pinggang yang banyak menghasilkan buah berry berwarna tomat tersebut. Cinta masyarakat China pada goji berry sudah turun temurun selama ratusan tahun. Para dokter tradisional China telah lama mempercayai adanya kekuatan obat dari buah ini. Catatan paling awal didapat dari Kompedium Materia Medica, sebuah teks medis historis yang ditulis herbalist terkenal Li Shinzhe di abad ke-16.
 

Cina sebagai negara penyuplai goji berry terbesar di dunia, dan telah direkomendasikan selama ribuan tahun dalam pengobatan Cina, untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan.

Budidaya goji berry dilakukan secara besar-besaran di negara asalnya, China. Pada tahun 2013, produksi goji berry China mencapai lima puluh ribu ton. Sementara para petani di Ningxia memetik 180.000 ton per tahun, mereka menjual sebagian besar produk mereka dalam bentuk kering karena masa simpan berry segar yang pendek. China adalah negara penyuplai goji berry terbesar di dunia. Buah berry akan matang dengan cepat dibawah terik matahari musim panas, yang berarti petani harus bekerja dengan cepat untuk mengumpulkan panen mereka. Seiring perkembangan jaman, goji berry saat ini tak hanya dibudidayakan di Cina, melainkan juga di Kanada dan Amerika Serikat.

Waktu demi waktu, orang-orang mengonsumsi goji berry dalam rangka upaya untuk berusaha menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan mereka, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, demam dan masalah pengelihatan karena mengandung karoten, terutama untuk kategori mata tua. Goji berry bisa dimakan begitu saja, atau dimasak, dikeringkan (seperti kismis), dan dijadikan teh herbal, jus atau obat-obatan, meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

Zhang Ruifen, seorang dokter yang focus pada ramuan China di klinik pengobatan tradisional Tiongkok Eu Yan San yang memiliki lokasi di China, Malaysia dan Singapore mengatakan, ini adalah catatan yang sangat lengkap, dan goji berry dicatat dalam buku itu. Orang China memandang goji berry sebagai buah dan ramuan yang mengandung vitamin C, antioxidant, asam amino dan mineral. Zhang juga memilih tidak memberi pasien goji berry disaat-saat tertentu. Jika seseorang menderita demam, radang atau sakit tenggorokan, yang kami sebut panas dalam pengobatan Tiongkok, saya akan meminta pasien untuk tidak minum goji berry selama periode waktu itu, katanya. Jika mereka juga menderita diare mereka juga tidak disarankan minum goji berry

Goji Berry buah yang paling kaya akan nutrisi Mengutip artikel halodoc.com, buah Goji berry adalah salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi. Peneliti membuktikan kalau mengonsumsi goji berry membuat tubuh merasa sehat dan tenang. Orang yang rutin mengonsumsi goji berry pun dapat melakukan aktifitas olahraga dengan lebih baik dan memiliki tidur yang berkualitas. Goji berry pun dipercaya bisa menurunkan berat badan, sama seperti berries yang lainnya, meski goji berry memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun tidak semua jenis berries memiliki efek yang sama bagi tubuh.

Peringatan bagi Anda penderita diabetes, atau yang sedang menggunakan obat warafin (obat pengencer darah), dan pengonsumsi obat tekanan darah. Maka, sebelum mengonsumsi goji berry, ada baiknya untuk menghubungi dokter terlebih dahulu, karena bisa saja goji berry yang dikonsumsi malah menimbulkan efek samping terhadap beberapa obat tertentu.

Masih dari kutipan artikel halodoc.com tentang kandungan nutrisi goji berry atau wolfberries buah asli dari Asia ini, yang banyak dikonsumsi masyarakat dalam bentuk kering namun tidak mengurangi kandungan nutrisinya sedikitpun. Berikut ini kandungan nutrisi dalam 28 gram goji berry yang telah dikeringkan (dikutip dari halodoc.com)

Kalori = 98, Protein = 4 gram, Lemak = 0,1 gram, Karbohidrat = 21,6 gram, serat = 3,6 gram, Gula = 21,8 gram, Zat besi = 11% kebutuhan harian, Vitamin A = 50% kebutuhan harian, Vitamin C = 15% kebutuhan harian.

Meskipun dalam porsi kecil, buah ini mampu memenuhi kebutuhan Vitamin A, C, serat, dan zat besi yang baik untuk tubuh. Jadi, tidak ada salahnya memasukkan wolfberries ke dalam menu diet sehari-hari.

Begitu banyak kandungan nutrisi dari goji berry atau wolfberries yang baik untuk kesehatan, yaitu:

1. Mencegah proses penuan dini pada kulit
Cara menjaga agar awet muda tidak cukup hanya mengandalkan perawatan kulit saja lho.. Selain istirahat yang cukup, dan olahraga, perlu juga mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan kulit. Salah satunya adalah mengonsumsi buah goji berry. Buah ini dipercaya dapat menghambat penuaan, jangan heran jika melihat kandungan jenis wolfberries pada beberapa produk kosmetika

Buah ini mengandung antioxidant zeaxanthin yang mampu mencegah kerusakan sel kolagen di kulit akibat radikal bebas, hal ini yang dapat membantu tubuh dalam menunda proses penuaan

Selain zeaxanthin buah ini juga mengandung betaine. Menurut studi jurnal Oxidative Medicine and Cellular longevity, dengan judul goji berries as potential natural antioxidant medicine : an insight into their molecular mechanisms of action, mengatakan bahwa kandungan betaine mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan ultra violet B.

Goji berry mampu membantu mengatasi peradangan pada kulit, terhadap adanya jerawat pada kulit, bahkan mampu untuk membantu membuat kulit lebih kencang dan mengurangi keriput pada wajah karena kadungan vitamin C di dalamnya.

2. Mengoptimalkan sistem imun tubuh
Keistimewaan goji berry lainnya berkaitan dengan sistim imun, buah ini diduga mampu memperkuat sistim imun dan melindungi tubuh dari serangan flu. Menurut studi yang dipublikasikan the journal of nutrition, buah ini membantu meningkatkan efektifitas vaksinasi flu pada tikus dewasa. Hal itu dianggap penting, sebab vaksin flu tidak selalu memberikan perlindungan yang memadai terhadap virus. Walau begitu buah ini bukanlah sebagai pengganti vaksin jika untuk melindungi tubuh dari serangan flu.

3. Mengoptimalkan kesehatan mata
Apakah manfaat goji berry juga bagus untuk mata? Nah, menurut study di US National Library of Medicine National Institute of Health, buah ini banyak mengandung vitamin, terutama zeaxanthin.

Nah antioxidant inilah yang melindungi sel tubuh dari kerusakan ketika terpapar zat-zat yang membahayakan tubuh. Menurut studi diatas, orang dewasa yang mengonsumsi suplemen makanan kesehatan dengan goji berry selama 90 hari, memiliki lebih sedikit hipopigmentasi dan endapan kuning dimata mereka. Hipopigmentasi terjadi ketika kulit tampak lebih terang atau putih. Kondisi ini akibat kurangnya pigmen melanin (zat pemberi warna kulit) dalam tubuh.

4. Menjaga kadar gula darah
Selain tiga hal diatas, manfaat wolfberries lainnya berkaitan dengan gula darah. Buah yang satu ini berpotensi untuk membantu menurunkan gula darah, meningkatkan toleransi terhadap gula, mengurangi resistensi insulin, dan memperbaiki serta memulihkan sel yang membantu memproduksi insulin.

Sebuah penelitian pada journal food research mengatakan, kandungan antioxidant dalam goji berry dinilai cukup efektif dalam menurunkan dan mencegah perburukan diabetes. Selain itu pengonsumsian wolfberries bagi pengidap diabetes juga tidak menunjukkan efek samping apapun.

Hal yang perlu diingat cobalah diskusikan dengan dokter bila ingin mengonsumsi buah ini secara rutin, terutama bila sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mengelola gula darah.

5. Meningkatkan kadar testosteron
Goji berry juga disebut-sebut mampu meningkatkan kesuburan seksual. Studi pada hewan tikus menunjukkan bahwa buah ini secara signifikan bisa meningkatkan beberapa hal, seperti ; jumlah dan pergerakan sperma, peningkatan kemampuan seksual, peningkatan pemulihan kadar testosteron. Selain itu wolfberries juga bisa dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi disfungsi ereksi, sama halnya seperti Viagra. Cukup menarik bukan ? dengan meningkatnya kadar hormone testosteron pada pria, kesehatan seksual otomatis akan meningkat dan meningkatkan kesuburan pada pria.

6. Menurunkan resiko kanker
Goji berry juga diduga mempu mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini karena kandungan antioxidant, yang bisa menurunkan peradangan sitokin dalam darah. Meski begitu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah ini terkait kanker. Selain goji berry, cari tahu makanan sehat lain yang mampu mencegah penyakit kanker, diantaranya buah tin.

7. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut
Buah ini memiliki kandungan Vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk membantu penyerapan zat besi. Selain itu, terpenuhinya kebutuhan vitamin A membuat aliran darah menuju kulit kepala menjadi lebih optimal. Hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan rambut yang menjadi lebih sehat.

8. Meningkatkan energi
Menurut sebuah penelitian yang terdapat dalam journal of alternative and complementary Medicine, goji berry mampu meningkatkan energi menjadi lebih baik pada subyek penelitian yang mengonsumsi ekstrak goji berry.

9. Mencegah depresi
Goji berry kaya akan kandungan vitamin B dan C, selain itu buah ini juga mengandung serat dan mangaan yang baik. Diketahui bahwa nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Hal ini tentunya akan berkaitan dengan tingkat stres yang kita alami. Ketika kita mampu mengelola stres dengan baik, maka kita bisa mencegah depresi atau perburukan kondisi kesehatan mental.

10. Mengontrol tekanan darah
Goji berry banyak mengandung polifenol yang mampu menjaga tubuh dari peradangan akibat paparan radikal bebas. Dengan begitu, hal itu sangat baik bagi pengidap tekanan darah tinggi untuk mencegah perburukan kondisi kesehatannya.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Selain mengatasi depresi, mengonsumsi goji berry juga baik untuk mengoptimalkan kualitas tidur. Khususnya bagi kita yang kerap mengalami kesulitan tidur.

12. Menjaga kesehatan hati
Tanaman ini juga dikenal sebagai pengobatan tradisional untuk mengoptimalkan kesehatan hati. Dalam journal Drug Design, Development, and therapy yang berjudul An evidence-based update on the pharmacological activities and possible molecular targets of lycium barbarum polysaccharides, terdapat sebuah penelitian melalui hewan yang bertujuan memastikan manfaat goji berry untuk hati. Hasilnya tanaman ini mampu membantu untuk mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit berlemak.

13. Mengoptimalkan kekuatan otot
Goji berry juga bisa membantu dalam memperkuat otot tubuh. Hal ini berkat kandungan 18 asam amino di dalamnya yang baik untuk kesehatan otot. Buah ini juga mampu meningkatkan produksi glikogen pada otot dan hati, sehingga tubuh mampu melakukan aktifitas fisik dalam waktu lama. Goji berry mengandung protein yang baik dalam meningkatkan pertumbuhan otot.

Begitu banyak manfaatnya, membuat makanan ini dianggap sebagai superfood.

Mengapa Goji berry diangap sebagai superfood ?

Mengandung antioxidant tinggi dan zat anti-inflamasi di dalamnya sehingga dianggap dapat membantu mengatasi diabetes dan kanker. Mambantu melawan diabetes karena manfaat goji berry yang pertama yaitu mampu menurunkan kadar gula dalam darah, karena polisakarida yang terkandung di dalamnya. Goji berry mampu meningkatkan respons glukosa, sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang tengah mengidap diabetes type-2. Membantu melawan kanker karena kandungan physalin yang mampu membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

Saat dikonsumsi bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan tubuh akan mengalami respon yang baik terhadap pengobatan yang dilakukan. Vitamin A dan C, serta antioxidant tinggi di dalamnya membuat buah ini mampu mencegah munculnya sel kanker.

14. Meningkatkan kesehatan paru-paru

Jika dikonsumsi selama 30 hari penuh, goji berry mampu mengatasi peradangan pada organ paru-paru, serta peningkatan kinerja sel darah putih dalam melawan penyakit di dalamnya. Selain itu goji berry dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mempu mengobati penyakit asma.

15. Membantu menurunkan berat badan

Goji berry mengandung kaya nutrisi dan rendah kalori yang cocok dikonsumsi para peserta diet. Bukan hanya itu, buah ini memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, yang dapat menurunkan keinginanmu untuk mengonsumsi makanan manis, sehingga dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Goji berry juga kaya akan serat, seingga ketika dikonsumsi akan merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut akan membuat kita menghindari konsumsi makanan berlebihan.

Cara mengonsumsi Gojji berry
Kita bisa menemukan goji berry dalam bentuk buah yang sudah dikeringkan. Untuk menggunakannya, mencampurkannya dengan berbagai menu sehat, seperti salad buah, yoghurt, hingga granola. Bahkan buah ini juga bisa untuk tambahan adonan kue, roti, atau muffin, termasuk berbagai jenis minuman sehat seperti smoothies. Unatuk mendapatkan tekstur yang lembut, rendam buah kering ini selama beberapa menit. Setelah mengembang, goji berry siap digunakan dan dikonsumsi.

Adakah efek samping goji berry ?
Sebaiknya mengonsumsi buah ini dalam porsi yang cukup dan jangan berlebih, karena reaksi yang memungkinkan setelah mengonsumsi ini adalah rangsangan ingin buang air besar, jika terlalu sering bisa menimbulkan resiko diare. Mengonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Bahkan pada beberapa orang, buah ini memicu reaksi alergi yang dapat membahayakan kesehatan.

Sumber :

  • www.bbc.com artikel Goji berry buah yang dipercaya sebagai resep awet muda dan usia panjang hingga 100 tahun
  • www.halodoc.com artikel kaya nutrisi ini 13 manfaat goji berry untuk tubuh, mengapa goji berry dianggap sebagai buah super.
  • www.bibitbunga.com artikel mengenal buah goji berry yang bermanfaat