Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

Fakta Lengkap Mengenai Fungsi Hemoglobin Dalam Tubuh

Monday, 29 November 2021

Fakta Lengkap Mengenai Fungsi Hemoglobin Dalam tubuh

"Hemoglobin atau Hb adalah protein kaya zat besi di dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, Protein ini pula yang membuat darah berwarna merah".

Hemoglobin adalah salah satu komponen dalam darah yang perannya amat penting. Maka dari itu, kita perlu menjaga kadar Hb selalu normal agar berbagai fungsi vital tubuh bisa berjalan dengan baik.

Apa itu Hemoglobin ?
Hemoglobin (Hb) adalah senyawa protein yang memberikan warna merah khas pada darah. Namun, fungsi utama hemoglobin adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh lewat aliran darah. Hemoglobin mempunyai kemampuan untuk mengikat oksigen kemudian melepaskannya kembali. Setiap kali kita menghirup napas, oksigen yang masuk ke paru-paru akan langsung mengikatkan diri dengan Hb. Setelah itu, Hb akan membawa oksigen ke jantung untuk kemudian dipompa keluar bersama aliran darah menuju setiap sel dalam tubuh.

Mengutip Cleveland Clinic, struktur hemoglobin terdiri dari empat rantai asam amino. Setiap rantainya memiliki senyawa bernama heme yang mengandung zat besi. Zat besi berfungsi untuk mengikat oksigen bersama hemoglobin. Hemoglobin juga berfungsi sebagai senyawa protein penyusun eritrosit (sel darah merah) agar terbentuk dengan ideal, yaitu bulat pipih seperti donat dengan sedikit ceruk di tengahnya. Bentuk seperti ini membuat keping sel darah merah mudah bergerak dan mengalir dalam aliran darah.Selain mengangkut oksigen, peran hemoglobin dalam mekanisme pernapasan juga berikatan dengan karbon dioksida yang dihasilkan dari proses metabolisme. Hb dalam darah akan mengikat karbon dioksida dan membawanya balik ke paru-paru untuk dikeluarkan lewat napas.

Berapa kadar Hemoglobin normal dalam tubuh ?
Kadar normal Hb dalam tubuh umumnya dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Kadar hb pria dewasa normalnya berkisar antara 14,0-17,5 gram per desiliter. Sedangkan untuk wanita dewasa, kadar hemoglobin normalnya adalah antara 12,3-15,3 gram per desiliter. Jika jumlah Hb mengalami kelainan, sel darah merah tidak berfungsi seperti seharusnya untuk mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Hal ini yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan.

Jenis tes pemeriksaan Hemoglobin

Kadar hemoglobin dalam tubuh dapat Anda ketahui dengan melakukan tes pemeriksaan darah seperti tes hitung darah lengkap. Hasil tes laboratorium lainnya juga dapat membantu mencari tahu apa penyebab masalah pada kadar Hb dalam tubuh. Tes darah lengkap juga bisa mengukur tingkat ferritin serum, untuk mencari tahu ada berapa banyak simpanan zat besi dalam tubuh. Dari pemeriksaan hemoglobin, dokter dapat mengetahui apakah kadar Hb Anda rendah atau tinggi serta kemungkinan penyebabnya. Berikut adalah penjelasannya:

A. Kadar hemoglobin rendah
Kadar Hb yang rendah tidak selalu menjadi tanda atau gejala penyakit tertentu. Ini bisa menjadi kondisi yang sebetulnya normal, terutama bagi wanita yang sedang hamil atau menstruasi. Namun umumnya apabila darah kekurangan hemoglobin dalam jumlah banyak yang terjadi adalah masalah kesehatan seperti anemia.

Anemia adalah penyakit yang membuat tubuh menghasilkan sedikit sel darah merah dari normalnya. Ini juga menjadi tanda bahwa tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada produksinya. Beberapa penyakit atau kondisi yang menyebabkan tubuh memproduksi sedikit sel darah merah serta menghancurkannya, yaitu:
1. Anemia aplastik
2. Penyakit ginjal kronis
3. Anemia sel sabit
4. Anemia defisiensi zat besi
5. Leukemia
6. Thalasemia
7. Perdarahan pada saluran pencernaan
8. Menorrhagia

B. Kadar hemoglobin tinggi
Hemoglobin tinggi tidak selalu berbahaya. Peningkatan Hb bisa dipengaruhi oleh kebiasaan merokok atau efek samping obat-obatan tertentu. Pada sebagian orang, kadar hemoglobin mereka tinggi karena faktor lingkungan, seperti tinggal di daerah dataran tinggi atau tempat kerja yang berisiko menyebabkan keracunan karbon monoksida. Untuk itu, tubuh menyesuaikan agar sel-sel dan jaringan tetap dapat memperoleh oksigen sesuai kebutuhan. Akan tetapi, Anda perlu lebih berhati-hati. Kondisi ini juga bisa menjadi pertanda kondisi serius seumur hidup yang bisa berakibat fatal jika tidak melakukan pengobatan.Kadar hb yang tinggi bisa menjadi tanda penyakit darah langka, seperti polisitemia. Ini membuat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah merah, sehingga darah menjadi lebih kental. Selain itu, berikut adalah beberapa kondisi yang berkaitan dengan peningkatan kadar hb dalam tubuh, yaitu:

1. Penyakit paru-paru, seperti fibrosis paru
2. Penyakit jantung bawaan sejak lahir
3. Gagal jantung pada area kanan
4. Pembekuan dan serangan jantung

Kadar Hb tinggi umumnya tidak bergejala. Namun pada beberapa orang, kondisi ini dapat memicu kemunculan gejala berupa sakit kepala, pusing, dan lemas

 

Perawatan untuk kadar Hb tidak seimbang

Sesuai dengan penjelasan di atas, ada dua jenis penyebab kadar hemoglobin tidak seimbang, yaitu rendah dan tinggi. Untuk itu, pengobatannya pun menyesuaikan dengan jenisnya.

 

A. Perawatan kadar Hb rendah

Jika penyebab kadar hemoglobin rendah adalah anemia, dokter akan mengidentifikasi terlebih dahulu jenisnya.Sebagai contoh, pengobatan atau perawatan anemia defisiensi zat besi adalah dengan meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh Anda. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kadar Hb rendah secara umum:

1. Konsumsi makanan penambah Hb

2. Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi

3. Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung folat

4. Memaksimalkan penyerapan zat besi dengan mengonsumsi vitamin C dan vitamin A

Sedangkan pada kondisi anemia aplastik, dokter mungkin akan memberikan resep obat serta merekomendasikan Anda untuk melakukan transfusi darah

 

B. Perawatan kadar Hb tinggi

Saat Anda mengalami kondisi medis yang menyebabkan kadar hemoglobin tinggi, dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur atau memberikan resep obat. Ada prosedur yang disebut proses mengeluarkan darah. Anda mungkin perlu menjalankan prosedur ini beberapa kali hingga kadar Hb mendekati normal

Sumber : www.sehatq.com

====================================================================================================================================================

 

PROLISDA (PROPOLIS + HABBATUSSAUDA)

 

Propolis cair yang terbuat dari propolis hijau Brazil (green Brazilian propolis) yang sudah sangat dikenal sebagai propolis terbaik di dunia.


Ciri Khas Propolis Brazil:

Memiliki kandungan zat aktif Artepilin-C (fenolic acid) yang tidak dimiliki oleh propolis lain dan juga kandungan lebih dari 180 fitokimia (vitamin, mineral dan asam amino esensial), Flavonoid dan Quercetin (sebagai anti virus, anti bakteri,anti jamur, anti oksidan dan anti inflamasi yang sangat tinggi)

 

PROLISDA (Propolis dan Habbatussauda), secara umum dari artikel AloDokter, Propolis itu faktanya punya senyawa kimiawi polifenol yang bertugas sebagai antioksidan, untuk mengatasi kerusakan karena penyakit didalam tubuh. Komposisi propolis tidak sama diseluruh dunia, sangat ditentukan oleh lokasi lebah, jenis pohon dan tumbuhan disekitarnya. Propolis bisa membantu penyembuhan luka karena virus, bakteri, mengurangi infeksi, peradangan, membantu memperlambat pembekuan darah, dan salah satu yang dibutuhkan oleh penderita Jantung Koroner adalah pengencer darah, Prolisda mempunyai manfaat kandungan untuk membantu mengencerkan darah, sehingga baik untuk penderita jantung coroner, membantu mengurangi kolesterol dan gula darah atau terkait membantu meningkatkan kualitas sel darah.

 

Proses & Teknologi :

Prolisda diproses secara Lyopilized (beku kering) sehingga tidak merusak kandungan alami propolis dengan nano technology sehingga partikel menjadi sangat kecil, mudah diserap tubuh, dan cairan propolis menjadi sangat jernih berwarna kuning kehijauan.

 

Cara konsumsi Prolisda :

1. Teteskan Prolisda ke dalam 1/4 gelas air putih, aduk hingga rata

2. Dewasa 3 x sehari 5-7 tetes

3. Anak-anak 3 x sehari 1-3 tetes

4. Hindari kontak langsung dengan benda yang terbuat dari logam  (sendok/gelas logam)

Kemasan Prolisda kecil dan ringan sehingga sangat praktis, bisa masuk dalam saku/tas & mudah dibawa kemana pun.

 

Legalitas & Uji Laboratoium Prolisda :

1. Badan POM TR.152.686.241 lulus uji laboratorium

2. Uji kandungan Artepilin-C Laboratorium Fakultas Kedokteran & Farmakologi Unoversitas Brawijaya

3. Sertifikat Ketetapan Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) LP-POM 01141262730821

 

Harga Prolisda?

Prolisda, dengan kandungan Propolis terbaik di dunia yang kaya akan manfaat dari kandungannya ini menjadi produk yang sangat dibutuhkan, telah banyak konsumen yang terbantu kesehatannya menjadi lebih baik dan juga karena termasuk produk yang dapat digunakan oleh anak-anak juga orang tua, dengan harga yang relatif sangat terjangkau.

 

Pastikan membeli produk Prolisda hanya dari Mitra ABE, Mobile Stockist, Stockist Center terdekat atau kantor pusat PT ABE