Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

Diabetes Melitus

Monday, 10 January 2022

Diabetes

"Tahukah Anda??? Diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berat. Ada komplikasi-komplikasi yang bisa terjadi dengan sangat cepat. Hanya dalam hitungan jam ataupun dengan hitungan hari, juga ada komplikasi yang bisa terjadi lambat, bisa dalam hitungan bulan atau bahkan dalam hitungan tahun.

Komplikasi yang cepat biasanya terjadi akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi. Sehingga kadar gula darah tersebut dibuang lewat kencing, penderita akan banyak terkencing-kencing sampai akhirnya dehidrasi. Pada saat dia sudah dehidrasi akan lemas dan akhirnya harus dirawat di Rumah Sakit, dan ditolong dengan memberikan infus bahkan kadang harus diberikan insulin.

Untuk komplikasi yang cepat biasanya juga bisa terjadi akibat kadar gula darah yang turun terlalu rendah sehingga penderita bsa mengalami lemas, pingsan, koma bahkan bisa sampai meninggal.

Komplikasi yang lambat itu bisa terjadi berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian, bila komplikasi tersebut menyerang mata bisa alami kebutaan, bisa juga penderita mengalami gangguan kekebalan sehingga gampang terinfeksi penyakit-penyakit yang cukup berat misalnya TBC, juga gangguan kekebalan sehingga apabila terkena covid di kondisi pandemi sekarang ini banyak yang terkena diabetes yang akhirnya tidak bisa bertahan dan meninggal. Juga bisa mengalami kerusakan gangguan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan jantung, stroke, kerusakan pada kaki dan ujung-ujung jari, sehingga infeksi dan kemudian mengalami pengeringan dan akhirnya harus diamputasi.

Sebagian diantara penderita diabetes ini cukup beruntung karena kemudian mendapat pertolongan yang cepat dan tepat juga kemudian dia memiliki kesadaran yang tinggi sehingga mau mengikuti apa saja anjuran-anjuran yang diberikan oleh dokter sehingga akhirnya dia bisa mengendalikan kadar gula darahnya dan mencegah komplikasi yang lebih berat untuk muncul.

Bagi penderita diabetes apabila dia bisa mengendalikan kadar gula darahnya dengan baik sebenarnya bisa tetap hidup normal sebagaimana orang yang sehat dan tidak punya diabetes. Sebagian lagi para penderita diabetes ini enggan mengikuti apa anjuran dokter dan cenderung percaya dengan hal-hal aatau mitos yang beredar diluaran sana sehingga mencoba menjalankan hal-hal tersebut yang ujungnya ternyata tidak berhasil memperbaiki kondisinya.

Meskipun sesorang sudah betul-betul disiplin menjalankan apa yang dianjurkan oleh dokter, minum obat yang rutin, olah raga yang rutin seringkali memang kadar gula darah tersebut tidak sepenuhnya terkendali. Ada kalanya memang dia agak lengah, disiplinnya menurun, sehingga kadar gula darahnya mulai naik tapi kemudian diperbaiki kembali, nah penderita diabetes yang seperti ini ujung-ujungnya nanti tetap akan mengalami komplikasi yang dikhawatirkan tadi, tetapi kita bisa berusaha untuk menundanya agar tidak cepat terjadi. Nah yang penting adalah bagaimana agar komplikasi tersebut bisa ditunda tentu relative wajar kalau seseorang mengalami banyak maslah kesehatan diusia 85 tahun ke atas, tetapi kalau sudah mengalami komplikasi2 diusia katakanlah 45 tahun, 55 tahun ini tentu akan mengganggu kualitas hidupnya dan membuat penderitaan padA penderita diabetes tersebut. Sehingga sekali lagi yang penting adalah bagaimna untuk men-delayed atau menunda KOMPLIKASI. BAGAIMANA CARANYA MENUNDA KOMPLIKASI ? Tentu saja yang utama kadar gula darahnya harus dikendalikan semaksimal mungkin, ikuti anjuran dokter, lakukan pemeriksaan yang rutin, lakukan olaraga sesuai dengan anjuran dan perhitungan durasi dan frekuensi yang dianjurkan, jaga pola makan dan seterusnya, ini semua akan menjaga kadar gula darah semaksimal mungkin berada dalam batas-batas normal, sehingga komplikasi dapat ditunda. Tetapi alangkah baiknya juga apabila kita memberikan tambahan nutrisi yang disebut anti-oksidan sehingga komplikasi dapat dicegah lebih jauh lagi. Mengapa anti-oksidan ? karena pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi tersebut akan membuat kerusakan pada dinding pembuluh darah, membuat pengentalan darah sehingga aliran darah menjadi terganggu. Seluruh sel tubuh kita, yang berkumpul kemudian membentuk jaringan membentuk organ, itu semua membutuhkan nutrisi dan oksigen dalam jumlah dalam jumlah yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Apabila pembuluh darah terganggu maka nutrisi dan oksigenisasi ke sel-sel tsb ke organ tubuh tsb akan kurang atau terganggu sehingga akhirnya lambat laun fungsi2 dari organ tubuh tersebut juga akan terganggu.

Kita ambil contoh misalnya pada kehidupan sehari2 kita, jika pembuluh darah kita anggap sebagai jalan raya, bila jalan raya tersebut selalu macet maka kita mau beli makanan saja susah, mau pergi belanja saja susah ,mau pergi bekerja saja susah, sehingga yang terjadi pada gangguan dalam kehidupan kita sehingga kita tidak bisa berfungsi dengan baik. Begitu juga apabila jalan raya terganggu atau macet, kalua ada kebakaran pemadam kebakaran tidak bisa segera datang ke lokasi sehingga akhirnya terjadi kerusakan. Apabila terjadi kejahatan polisi misalnya tidk bisa segera menuju ke lokasi untuk segera mengamankan situasi. Jangka panjang apabila jalan macet ini terus dibiarkan maka mulailah akan muncul kerusakan2 yang meluas dan akhirnya menjadi kerusakan yang sulit untuk diperbaiki. Inilah yang menjadi sebuah kondisi penting untuk diperhatikan pada penderita Diabetes. Kondisi pembuluh darahnya harus tetap diusahakan untuk tetap bisa membiarkan aliran darah berjalan dengan baik sehingga fungsi2 tersebut bisa tetap terkendali dengan baik.

Ada banyak anti-oksidan yang beredar dipasaran, tentu semuanya memiliki manfaat yang berbeda2 tergantung dengan peruntukannya. salah1 anti-oksidan yang bisa dikonsumsi oleh penderita Diabetes adalah Propolis dan habbatussauda yang kemudian dikemas dalam 1 produk yang bernama PROLISDA. Produk ini mengandung propolis dari brazil dan habbatussauda yang bisa membantu melancarkan aliran darah, memberikan kadar anti-oksidan yang baik sehingga kerusakan pembuluh darah dapat dicegah. Bila kita mengendalikan kadar gula darah dengan baik, mengkonsumsi anti-oksidan dengan baik, mengikuti anjuran2 dokter, konsumsi obat yang rutin, olahraga yang rutin, mudah2an komplikasi penderita2 diabetes ini betul2 bisa dicegah atau ditunda. Semoga bermanfaat untuk Anda. Untuk lebih jelas semua materi yang dibahas tersebut, klik link video dibawah ini : https://youtu.be/wuAVlLmDJaQ_c

Sumber : dr. Andri Havyatra Lubis Konsultan Kesehatan PT. ABE