Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

Tips Tetap Sehat Selama Berpuasa

Thursday, 17 May 2018

Tips Sehat Selama Berpuasa

Tanpa terasa telah memasuki bulan Ramadhan, artinya bagi umat muslim di seluruh Dunia melaksanakan ibadah puasa. Dengan melaksanakan ibadah puasa tentunya jangan sampai mengganggu aktivitas seperti biasanya ya, apalagi puasa di jadikan alasan untuk bermalas-malasan. “Don’t do it”, walaupun sedang puasa harus tetap semangat menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Menjaga kondisi kesehatan saat puasa pastinya sangat perlu dilakukan agar puasa kita lebih baik. Nah agar kondisi kesehatan tetap terjaga, maka berikut tips sehat selama berpuasa:.

Berikut tips sehat selama berpuasa:
  • Asupan air yang cukup.
    Asupan air yang cukup yaitu sekitar 8-10 gelas sehari. Bagi para lansia (lanjut usia) seringkali tidak merasa haus walau baru minum sedikit. Namun demi kesehatan, hendaknya diusahakan untuk minum yang cukup meski tidak haus. Minum air di sini tidak selalu berarti air putih semata, tetapi minum teh, susu, jus buah, koktil buah, bahkan kuah sayur juga termasuk dalam jumlah air yang kita konsumsi.
  • Cukupi kebutuhan kalori
    Kebutuhan kalori, biasanya wanita membutuhkan kalori sekitar 1.900 kalori, sementara pria 2.100 kalori. Kalori sebanyak ini bisa terpenuhi dari makanan dan minuman yang disantap selama sahur dan buka puasa. Tapi tentunya, makanan dan minuman itu harus memenuhi standar gizi yaitu 50 persen karbohidrat, 25 persen lemak, 10-15 persen protein, serta vitamin dan mineral secukupnya. Untuk makanan, sebaiknya pilih makanan alami karena lebih aman. Misalnya: karbohidrat diperoleh dari nasi, kentang, mi atau jagung. Protein dari daging, ikan, tempe, tahu, dan lain-lain. Sedangkan sumber vitamin dan mineral ada pada sayuran dan buah-buahan berwarna kuning, hijau tua, dan merah.
  • Pola makan saat berbuka.
    Saat berbuka puasa, hendaknya tidak makan sekaligus banyak, tapi secara bertahap. Dimulai dengan menikmati makanan ringan atau minuman yang manis-manis. Jika Anda suka kurma, makanlah buah yang berasa manis ini. Selain berguna untuk menyuplai energi, kurma juga kaya kandungan zat gizi seperti kalium, magnesium, niasin, dan serat.
  • Selalu makan sahur
    Pada saat sahur, meski kurang bernafsu untuk makan karena rasa kantuk belum hilang, sebaiknya digunakan sebaik-baiknya. Ada anjuran untuk makan sahur selambat mungkin, kira-kira setengah jam sebelum Imsak. Tapi ingat, sebaiknya makan sahur tidak terlalu kenyang, kira-kira sepertiga dari kebutuhan kalori sehari.
    Jika tidak bisa makan nasi dalam jumlah yang cukup banyak (karena ada perubahan pada lambung dan gerakan usus) cobalah untuk makan camilan. Untuk mencegah sembelit, sebaiknya sayur dan buah dikonsumsi setiap hari. Jika perlu mengonsumsi suplemen.
  • Istirahat saat siang hari
    Istirahat di waktu siang hari. Ini berguna untuk menghindari keluarnya keringat yang sangat banyak.
  • Olahraga
    Jika ingin olahraga, bisa dilakukan pada sore hari sekitar satu atau setengah jam sebelum berbuka.
Semoga tips di atas bermanfaat ya, selamat melaksanakan ibadah puasa.
Sumber : Depkes RI. Jurus Sehat Berpuasa. Diperoleh 15 Mei 2018 dari: http://gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2012/05/Jurus-sehat-puasa-Republika.pdf