Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Activity

Sarana Edukasi "Bahaya Hipertensi & Stroke"

Thursday, 10 June 2021

 

Salam Sehat Luar Biasa Mitra ABE

Hari Sabtu, 29 Mei 2021, lagi-lagi PT. ABE bekerja sama dengan team abenetwork mengadakan Webinar Kesehatan Online bersama dr.Andri Havyatra Lubis yang merupakan Konsultan Kesehatan PT ABE. Tema dari Webinar kesehatan kali ini adalah Bahaya Hipertensi & Stroke.

Webinar Kesehatan PT ABE ini bertujuan untuk menjadi Sarana edukasi yang baik dan benar tentunya kepada Seluruh Mitra ABE khususnya dan juga masyarakat luas secara umum, bahwa begitu sangat pentingnya terus menjaga kesehatan diri dan keluarga kita, siapapun, dimanapun, meskipun hampir seluruh negara di dunia tengah mengalami Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan yang telah berjalan 1 tahun lebih, bahwa selain Pandemi Covid Kita semua masih berdampingan dengan penyakit lain dengan faktor resiko sangat tinggi.

Webinar Kesehatan Online ini dimulai pada pukul 20.00 WIB berakhir di 22.10 WIB, dipandu oleh Bapak Bayu Kuswara Hartono sebagai Host, melalui Zoom namun tetap ditayangkan secara Live Streaming at Youtube di Channel ABEINDONESIA.

Dokter Andri Havyatra Lubis pada pembukaan webinar kesehatan online tersebut menjelaskan, bahwa penyakit yang sering disebut the silent Killer, Penyakit ini memiliki efek yang lebih bersar daripada angka kematian yang ditimbulkannya, punya masalah yang jauh lebih besar, namun karena berlangsungnya cukup lama, sehingga sering sekali orang mengabaikannnya.

1. STROKE adalah penyebab kematian nomor 1 di Indonesia, yaitu 21,1% (Sumber SRS 2014, Balitbang Kemenkes RI).

Stroke ada 2 jenis utama, yaitu Stroke Hemorrhagic & Stroke Ischaemic. Stroke Hemorrhagic adalah terjadi karena pecahnya pembuluh darah yang kemudian darahnya memancur keluar dari pembuluh dan masuk kebagian dalam otak yang sering kali orang yang mengalami kondisi ini tidak sadarkan diri, lalu meninggal dunia. Didalam kepala kita terdapat jaringan otak yang begitu lunak, ada cairannya, selaput pembungkusnya dan juga ada tengkorak kita yang sangat keras.. sedangkan Stroke Ischaemic terjadi karena penyumbatan pembuluh darah sehingga sel-sel otak kekurangan oksigen, diibaratkan pipa yang mampet oleh kotoran, akhirnya air tidak bisa lewat, bayangkan jika pembuluh darah diotak kita ada yang mampet, maka bagian lain yang tidak teraliri oleh aliran darah akan menyebabkan bagian tersebut akan mengalami kematian (sel). Efek tetap sama, mengalami kerusakan, namun biasanya akibat dari Stroke Ischemic cenderung ringan (dibanding hemorrhagic), misalnya dia menjadi cacat, lumpuh dan seterusnya.. tapi Hemorrhagic kalua tidak segera ditolong seringkali tidak sadar lalu meninggal. Ada Stroke jenis ketiga yang disebut T.I.A (Transient Ischaemic Attack), jenis stroke yang unik, yang sering terjadi hanya sesaat, seringkali orang kemudian menganggap enteng stroke ini karena dia tidak paham dilihat ada keluarganya yang stroke, sembuh dengan segala macam upaya yang dia lakukan, lalu dia klaim, saya lakukan ini keluarga saya sembuh hanya dalam beberapa hari.. Padahal, jika ada orang yang stroke lalu beberapa hari kemudian kembali normal itu berarti Dia stroke bukan yang 2 (dua) jenis stroke diatas, melainkan jenis yang ketiga, yaitu T.I.A. Biasanya itu pembuluh darahnya hanya terhambat sesaat, atau tersumbat sebentar hanya kurang dari dua jam saja, walaupun Dia mengalami gangguan gejalanya sampai 24jam lalu besoknya Dia sudah pulih kembali.

Kenali gejala Stroke untuk mengamankan Keluarga, jika ada dikeluarga kita yang tiba-tiba mengalami gejala stroke yang paling penting adalah bertindak cepat (F.A.S.T) :
1. Face Dropping : wajanya seperti turun sebelah (1 sisi)
2. Arm Weakness : Tangannya tidak bisa diangkat
3. Speech Difficulty : Sulit berbicara (tidak jelas)
4. Time to Call : Langsung segera telpon (ambulance IGD RS)

Karena jika sampai terlambat, maka biasanya kalau stroke pendarahan dia tidak bisa tertolong, atau kalua stroke sumbatan maka Dia akan jadi cacat. Di RS diberi obat, sumbatannya bisa dihilangkan, atau misalkan dia pecah pembuluh darahnya dia bisa segera dioperasi dan dibuang darahnya dan dia bisa pulih kembali.

Pertolongan stroke dengan mengeluarkan darah dari ujung jari adalah HOAX! Padahal pada saat dia melakukan itu korbannya sembuh, bisa jadi hanya T.I.A yang kemudian sembuh. Justru, pada saat ada keluarga atau tetangga yang mengalami stroke Hemorrhagic atau Stroke Ischaemic, lalu ditusuk-tusuk ujung jarinya seperti itu, lalu malah akan mungkin akan jadi cacat.

Apakah Stroke Bisa dicegah ??? BISA! KURANGI FAKTOR RESIKO nya!
TEKANAN DARAH TINGGI (hypertension) adalah Faktor Resiko Utama.

Faktor Resiko Stroke adalah MASALAH YANG MERUSAK PEMBULUH DARAH :
1. Tekanan Darah (Blood Pressure) >140/90 menjadi <120/80
2. Ritme Denyut abnormal, Fibrilasi Atrium (Atrial Fibrillation, A-fib) irregular/regular heartbeat
3. Perokok (Smooker) menjadi Nonsmoker
4. Cholesterol >240 menjadi <200
5. Diabetes menjadi NO
6. Exercise pasif menjadi Reguler Exercise
7. Diet overweight menjadi Healthy Weight
8. Stroke in Family menjadi NO
9. TOTAL SCORE High Risk menjadi LOW RISK
Mencegah Stroke adalah dengan menjaga kesehatan Pembuluh Darah

Mengapa Tekanan Darah Tinggi menjadi Faktor Resiko Utama Stroke ? Karena tekanan darah tinggi itu berlangsungnya lama dan tidak terasa. Misal seseorang tiba-tiba punya gangguan jantung, begitu dichek, Tidak terasa ternyata orang sudah gagal jantung, karena lama-lama tidak terasa terjadi pembengkakan jantung, pembuluh jantung yang diameternya besar lama-lama menyempit, Ginjal yang dulu baik lalu ternyata gagal ginjal. Itu semua berlangsung 5-10 tahun. Fahami baik-baik bahwa Penyakit tekanan darah tinggi tidak ada gejalanya, satu-satunya cara untuk tahu adalah dengan diukur/check secara rutin. 6% orang di Dunia mengalami Diabetes, 26% orang yang menderita tekanan darah tinggi, dan 40-80% orang Diabetes yang juga menderita tekanan darah tinggi, dan semua orang diabetes ujung-ujungnya akan mengalami tekanan darah tinggi.

Kemungkinan Komplikasi Hipertensi hampir sama dengan penderita Diabetes
- Kemungkinan Komplikasi Hipertensi - Kemungkinan Komplikasi Diabetes
- Stroke - Stroke
- Penglihatan terganggu - Penglihatan terganggu
- Gagal Jantung - Gagal jantung
- Gagal Ginjal - Gagal Ginjal
- Disfungsi Seksual - Disfungsi Seksual
- Gangguan Saraf Kaki

Setelah mengetahui BAHAYA HIPERTENSI, So WHAT?? Kita Harus apa ?? SEGERA CHECK TEKANAN DARAH! Semakin bertambah usia, cenderung berpotensi tekanan darah tinggi.

Kendalikan Hipertensi dengan PATUH!
P -eriksa Darah secara rutin dan ikuti anjuran Dokter
A -tasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
T -etap DIET dengan gizi seimbang
U -payakan aktifitas fisik dengan aman
H -indari asap rokok, alcohol, dan zat karsinogenik lainnya

Diakhir presentasi Dokter Andri mamberikan kesimpulan, yakni :
1. STROKE & Penyakit CARDIOVASCULAR disebabkan karena Hipertensi, Dibetes, kurang olahraga, diet buruk, stress dan merokok
2. Semua penyakit diatas menyebabkan kerusakan bagian dalam pembuluh darah / endotel
3. Mmencegah Stroke dapat dilakukan dengan berbagai metode menjaga kesehatan Endotel
4. Konsumsi suplemen yang mengandung antioksidan kuat
5. Zebakton dan Prolisda PT ABE dapat menjadi suplemen pilihan untuk membantu mengendalikan tekanan darah, sepanjang dikonsumsi dengan benar, dan teratur, dan tetap berkonsultasi dan mengikuti anjuran dokter tentang masalah kesehatan yang dihadapi.

PT ABE punya solusi untuk membantu kebutuhan kita dalam upaya untuk mencegah dan mengendalikan Diabetes, yaitu :
1. Zebakton, sumber yang diambil dari tanaman seabuckthorn dengan kandungan minyak nabati dari biji buahnya. Seabuckthorn sering disebut buah ajaib, karena kandungan nutrisinya yang sangat banyak, lebih dari 190 jenis nutrisi, beta carotene, omega nabati (Omega 3,6,7,9), Vitamin A,B,C,D,E & K1 (komponen antioksidan yang sangat baik), untuk mencegah sel tubuh kita dari kerusakan akibat radikan bebas karena gula darah yang tinggi, akibat merokok, sehingga sel tubuh kita punya waktu untuk memperbaiki, dan mengembalikan funsi sel tubuh sehingga organ menjadi sehat kembali.

2. PROLISDA (Propolis dan Habbatussauda), manfaat propolis berdasarkan penelitian medis yang dikutip dari website Alodokter, yang mampu melawan bakteri, virus dan jamur, infeksi akibat peradangan dan luka, Kandungan habbatussauda terbukti mempunyai manfaat mengobati hipertensi / darah tinggi, kolesterol tinggi, menjaga gula darah untuk mencegah diabetes, mencegah kanker.

3. HIRVERO (herbal tetes alami) yang mampu mencegah pengentalan darah akibat gula darah yang tinggi (gula yang tinggi, kental menjadi syrup menghambat pergerakannya). Hirvero terbukti mengencerkan darah melalui alat uji Life Blood Analysis (LBA).

Disesi akhir webinar, seperti biasa diadakan sesi tanya jawab & konsultasi kesehatan antara peserta dan narasumber webinar. Banyaknya pertanyaan yang masuk kepada Host dan seluruh pertanyaan dapat langsung dijawab oleh Narasumber dengan jelas dan baik.

Ada banyak pertanyaan yang masuk, namun ada 1 pertanyaan yang cukup menarik, yaitu ; Apakah Hipertensi bisa sembuh? dijawab oleh Dokter, Beliau punya kegiatan bersepeda. Temannya penderita Hipertensi, namun sejak rutin bersepeda dan rutin lakukan chek tekanan darahnya Dia selalu normal. artinya Hipertensi tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikendalikan, sama seperti menunggang kuda, selama kita pegang tali kemudi/kendalinya maka kita masih aman karena mampu mengendalikannya.

Semakin menarik saja ya Mitra ABE, acara webinar kesehatan online PT ABE. Semoga Kita sekeluarga selalu sehat sekalipun dikondisi Pandemi, ingat selalu, kita masih harus tetap menjaga jarak, karena kita masih tetap berdampingan dengan resiko banyak hal. Semakin seru, kita masih bisa ikutan kumpul bareng dengan teman-teman baru dari seluruh Indonesia, bertambah lagi teman-teman baru dari seluruh Indonesia, asyiknya lagi bisa konsultasi kesehatan langsung dengan Dokter TANPA harus berobat, menggali Ilmu & Wawasan kita terus sambil membangun bisnis milik sendiri.

Ohya, tetap Jangan lewatkan acara-acara webinar PT ABE lainnya yaa..., dan Sampai jumpa di Webinar Kesehatan PT ABE berikutnya... Salam Sukses !

Oh ya, Kalian bisa menyaksikan Kembali rekaman Webinar Kesehatan online ini secara FULL di Channel Youtube ABE GLOBAL INDONESIA, silahkan copy link dibawah ini, tempel dan putar di aplikasi Youtube : https://youtu.be/PHyrp9U0THQ