Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

Waspadai 7 penyakit yang mengintai di musim pancaroba

Monday, 15 May 2023

Waspadai 7 penyakit yang mengintai di musim pancaroba

BMKG memprakirakan musim kemarau 2023 akan tiba lebih awal dari sebelumnya. Selain itu curah hujan yang turun selama musim kemarau diprakirakan akan normal hingga lebih kering dibanding biasanya. Adapun puncak musim kemarau 2023 diprakirakan akan terjadi pada bulan Juli dan Agustus.

Musim pancaroba terjadi saat peralihan dari musim kemarau ke penghujan dan sebaliknya. Angin bertiup kencang, debu beterbangan, udara panas, puting beliung biasanya jadi pertanda datangnya pancaroba. Pada musim ini, cuaca bisa berubah ekstrem dalam waktu singkat. Misal dalam sehari, cuaca yang tadinya panas terik, tiba-tiba turun hujan lebat yang tidak kita sangka sebelumnya.

Saat musim pancaroba berbagai penyakit bermunculan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Virus dan bakteri lebih gampang berkembang biak di musim ini di mana suhu udara berubah-ubah. Selain itu, suhu tubuh kita pun harus beradaptasi dengan perubahan suhu sekitar yang menyebabkan sistem imun menurun hingga kita pun jadi gampang terserang penyakit. Orang dewasa, anak-anak, bayi, dan para lanjut usia harus waspada agar tidak mudah terkena penyakit yang bisa saja berakibat fatal jika dibiarkan.

Untuk mengantisipasi, kenali jenis-jenis penyakit yang sering terjadi di musim pancaroba.

1. Demam berdarah dengue (DBD).
Virus dengue menjadi penyebab penyakit ini melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus. Nyamuk adalah vektor atau perantara saja, yang sebenarnya menyebabkan penyakit adalah virus. Gejala DBD seperti demam tinggi, mual, muntah, sakit kepala, adanya bintik-bintik pada kulit, nyeri di bagian belakang mata, otot dan sendi nyeri, badan lemas, hilangnya kesadaran, perdarahan di hidung dan gusi.
Komplikasi DBD bisa berbahaya, mulai dari shock, pendarahan berat, hingga menyebabkan kematian. Untuk pertolongan pertama pada penderita dengan memberikan kompres hangat di bagian lipatan paha dan ketiak disertai minum obat pereda demam. Jangan lupa minum air putih yang cukup untuk memenuhi cairan tubuh. Segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Demi mencegah meluasnya penyakit DBD ini, dengan kesadaran penuh kita perlu bertindak dengan melakukan aksi 3M Plus, yaitu:
1. Menutup dengan rapat tempat-tempat penampungan air
2. Menguras hingga bersih tempat penampungan air
3. Mengubur/memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang berpotensi sebagai penampungan air tempat nyamuk bersarang
Tindakan plusnya adalah menaburkan larvasida (bubuk abate) di penampungan air, memakai kelambu ketika tidur, memasang kawat anti nyamuk di ventilasi, menghentikan kebiasaan gantung baju, menanam tanaman pengusir nyamuk (seperti lavender, serai wangi, jahe dan seledri).

2. Zika
Melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, virus zika menyerang kita terutama saat musim pancaroba. Nyamuk ini aktif di siang hari dan bisa berkembang di mana saja, terutama genangan air. Gejala zika muncul sekitar 3 - 12 hari setelah gigitan. Berlangsung sekitar tujuh hari, gejalanya antara lain demam, gatal, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, mata memerah, punggung juga bagian belakang mata terasa nyeri, peradangan kelopak mata.
Selain melalui gigitan nyamuk, virus zika dapat menular lewat transfusi darah, hubungan intim dengan penderita, namun pada ibu hamil virus ini terbilang serius, ibu hamil menular ke janinnya yang berisiko microcephaly pada bayi (cacat lahir pada otak bayi, otak tidak berkembang sempurna), ukuran kepala yang lebih kecil dari ukuran normal, hingga mengalami keguguran.
Untuk penyembuhan, harus banyak minum air putih, minum obat seperti paracetamol, dan tidak kurang istirahat. Pencegahan penyakit ini selain dengan melakukan aksi 3M Plus, lindungi tubuh dengan pakaian tertutup dan pakai lotion anti-nyamuk.

3. Influenza
Saat musim pancaroba, virus influenza tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun sering terkena. Komplikasi dapat terjadi pada bayi berusia dua tahun atau kurang dan mereka yang berusia lanjut.
Sebagai upaya penyembuhan, penderita harus banyak istirahat dan juga minum air putih yang banyak agar flu cepat mereda. Jika sakit tak sembuh, segera konsultasikan ke dokter untuk diberikan obat antivirus. Bisa juga melakukan vaksinasi setiap tahun untuk pencegahan terjangkit virus influenza.

Propolis mengandung fenolik, bioflavonoid, dan zat antioksidan tinggi yang berperan penting untuk obat kanker. Kandungan bioflavonoid yang ada di dalam propolis setara dengan 500 sampai 700 buah jeruk.

Selain itu, propolis juga dapat digunakan sebagai pendamping pengobatan kanker payudara. Hal ini dikarenakan propolis mengandung senyawa antitumor yang dapat mengatasi sel kanker secara signifikan.

4. Chikungunya
Penyakit ini sering disebut dengan flu tulang, terjadi akibat gigitan nyamuk yang membawa virus chikungunya, yang termasuk dalam keluarga Togaviridae genus alphavirus. Ditularkan atau disebarkan oleh vektor yang sama dengan penyakit Demam Berdarah Dengue yaitu Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Usia yang rentan terkena adalah mereka yang berusia lanjut, bayi baru lahir, juga orang-orang yang mengidap penyakit tertentu seperti diabetes dan jantung. Penularan demam Chikungunya terjadi apabila penderita sakit (dalam viremia) digigit oleh nyamuk penular, kemudian nyamuk penular tersebut menggigit orang lain. Tidak dijumpai penularan dari orang ke orang tanpa perantaraan nyamuk penular.
Gejala chikungunya mirip demam berdarah yaitu mengalami demam tinggi, sakit kepala, sendi dan otot terasa nyeri, ruam, lelah, mual berlangsung sekitar 3 - 7 hari setelah gigitan nyamuk. Penderita bisa mengalami lumpuh sementara akibat chikungunya walau kasus kematian jarang terjadi. Pada kasus chikungunya, tidak tampak penurunan kadar trombosit yang berarti. Kalaupun ada, tidak sedrastis demam berdarah, begitu juga dengan kadar hematokrit. Perubahan signifikan tampak dari kadar leukosit yang meningkat.
Untuk pencegahan penyakit chikungunya, sama dengan DBD dan zika, lakukan tindakan 3M Plus seperti di atas.

5. Asma dan Alergi
Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan. Asma muncul ketika ada radang pada saluran udara di tubuh kita. Berkegiatan di udara dingin bisa memperparah kondisinya. Di musim pancaroba tubuh penderita akan sangat rentan terserang asma dan alergi udara dingin/panas, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit tersebut bisa gampang kambuh. Batuk, bersin, pilek dan sesak napas adalah pertanda kita mulai terserang. Beberapa pemicu asma yaitu, asap rokok, debu, bulu hewan, udara dingin, infeksi virus, dan paparan zat kimia.
Sebagai antisipasi dan supaya tidak kambuh, perlu memakai masker saat keluar rumah dan tidak lupa obat pengontrol asma bagi penderita untuk meredakan gejala asma.

6. Diare
Mengonsumsi makanan sembarangan dan tidak bersih dapat menyebabkan diare. Di musim pancaroba, angin kencang mudah membawa virus dan bakteri hinggap di makanan yang kita santap, masuk ke tubuh dan akhirnya terserang diare.
Untuk pencegahan, tentunya harus memperhatikan kebersihan makanan dan tak lupa cuci tangan hingga bersih sebelum menyantapnya.

7. Infeksi saluran pernapasan (ISPA).
Ada dua jenis infeksi saluran pernapasan (respiratory tract infections) yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Infeksi saluran pernapasan atas (upper respiratory tract infections yang disingkat URI/URTI) yang menyerang tenggorokan, sinus, rongga hidung. Contohnya seperti sinusitis, laringitis, pilek dan tonsillitis.
Berbagai jenis virus dan bakteri yang menyerang pada infeksi saluran pernapasan atas adalah Influenza dan Parainfluenza, Respiratory Syncytial Virus (RSV), Thinoviruses, Epstein-Barr Virus (EBV), Pertussis, Streptococcus grup A, dan Diphteria. Gejalanya seperti pilek, batuk, demam, sakit kepala, otot terasa nyeri, sakit tenggorokan yang semuanya terjadi sekitar 3 sampai 14 hari.
Untuk penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas akibat virus, dapat mengonsumsi obat seperti paracetamol kalau mengalami demam. Kalau penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, dokter bisa memberikan obat antibiotik.
Satunya lagi adalah infeksi saluran pernapasan bawah (lower respiratory tract infections atau LRI/LRTI) yang menyerang jalan napas dan paru. Virus dan bakteri penyebabnya berupa Influenza A, H.infuenzae, Varicella-zoster virus (VZV), Human metapneumovirus (hMVP), Streptococcus pneumoniae, Respiratory syncytial virus (RSV), Staphylococcus aureus, Klebsiella pneumoniae, bakteri anaerob dan Enterobacteria.
Infeksi saluran pernapasan bawah terjadi terutama saat musim hujan di mana anak-anak usia balita (bawah lima tahun) sering terjangkit. Batuk berdahak disertai lendir, demam, mengi dan sesak napas adalah gejala dari penyakit LRI ini.
Contoh infeksi saluran pernapasan bawah seperti bronkhitis, bronchiolitis, dan pneumonia (paru-paru basah). Kontak langsung dengan penderita seperti sentuhan tangan, batuk, bersin, memegang benda yang sudah terkontaminasi dapat menularkan penyakit ini.

Cegah infeksi saluran pernapasan dengan melakukan 8 tips di bawah ini.
1. Tidak kontak langsung dengan penderita
2. Rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan badan
3. Selalu mengonsumsi makanan bergizi. Kita perlu asupan nutrisi supaya sistem kekebalan tubuh tetap terjaga jadi tidak gampang terserang penyakit
4. Hindari stres, lakukan hal-hal yang menenangkan pikiran seperti meditasi atau rileksasi
5. Tidak merokok ataupun menghirup asapnya
6. Cuci tangan dengan sabun usai beraktivitas terutama setelah memegang benda-benda kotor
7. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
8. Menjauh atau tutup mulut dan hidung saat sedang batuk atau bersin

8 tips mencegah sakit di musim pancaroba

1. Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, ikan, daging, telur. Makan makanan sehat dapat meningkatkan sistem imun dan tubuh pun terhindar dari penyakit (antioksidan)

2. Istirahat yang cukup, hindari begadang. Kurang tidur menyebabkan tubuh lelah dan sistem imun menurun(melemah), berakibat kita jadi gampang terserang virus dan sakit

3. Rutin berolahraga seperti jogging, bersepeda atau jalan kaki, dengan begitu kesehatan tubuh tetap terjaga 4. Rajin minum air putih supaya cairan dalam tubuh terpenuhi sehingga semua organ berfungsi dengan baik (Selain itu, air juga berperan dalam mengedarkan oksigen, membuang zat-zat tak berguna dalam tubuh dan merupakan komponen penting untuk membentuk plasma darah. Minum air setidaknya 2 liter atau lebih dalam sehari)

4. Mengonsumsi suplemen supaya daya tahan tubuh meningkat jika sistem imun dalam kondisi lemah dan konsultasikan ke dokter. Suplemen tersebut biasanya berupa vitamin C, vitamin B6 dan zat besi. Tidak perlu minum suplemen kalau tubuh sudah cukup ternutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi

5. Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dilakukan secara berkala. Selalu perhatikan kebersihan diri juga lingkungan sekitar. Rajin cuci tangan selesai beraktivitas dan sebelum makan, bersihkan area rumah dari sampah-sampah dan musnahkan genangan air dimana tempat yang memungkinkan nyamuk berkembang biak

6. Pakai masker untuk melindungi mulut dan hidung saat keluar rumah di musim pancaroba

7. Siapkan jaket, sweater, payung atau jas hujan sebelum keluar rumah sebagai antisipasi pada cuaca yang tidak menentu
 


Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. virus dengue tersebut ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti (tidak ada yang lain). Penyakit ini menimbulkan gejala demam tinggi, sakit kepala, serta nyeri tulang dan otot. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.

Berdasarkan tingkat keparahannya, gejala demamnya terbagi menjadi 3 jenis:
1. Demam dengue (dengue fever), yang gejalanya cenderung ringan dan tanpa tanda-tanda pendarahan
2. Demam Berdarah Dengue (dengue hemorrhagic fever, DFH) DBD dengan gejala berat dan tand-tanda pendarahan, seperti mimisan atau gusi berdarah
3. Sindrom Shock akibat dengue (dengue shock syndrome, DSS), yaitu DBD parah dengan tingkat kematian tinggi, yang biasanya ditandai dengan gejala lemas atau tidak sadar, keringat dingin, muntah darah atau sesak napas.

Virus dengue ini biasa menyerang tubuh terutama di pembuluh darah sehingga menyebabkan kebocoran pembuluh darah. Oleh sistim tubuh, kebocoran pembuluh darah ini akan berusaha ditutup oleh trombosit. Oleh sebab itu lama kelamaan trombosit tersebut akan habis digunakan untuk menutup, pada suatu titik trombosit tersebut tidak mampu lagi untuk menutup kebocoran pembuluh darah tersebut sehingga timbullah perdarahan spontan di tubuh (bisa di tangan gejalanya bintik-bintik merah, gusi berdarah, jika pada wanita menstruasi sebelum waktunya, perdarahan organ dalam). Itulah mengapa demam dengue sering disebut demam berdarah, karena terjadi perdarahan spontan. Penyakit ini menular ketika nyamuk menggigit penderita DBD, kemudian menggigit orang yang sehat. Penyakit ini banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia, dan angka kejadian penyakit ini biasanya meningkat ketika musim hujan.

Ketujuh penyakit seperti bahasan pada artikel kesehatan diatas, beberapa diantaranya memiliki potensi resiko yang menyebabkan penderita mengalami mulai dari gejala cenderung ringan, kemudian demam tinggi sampai dengan yang berakhir meninggal dunia. Tidak ada obat yang dapat membunuh virus Dengue. Meski begitu, ada pengobatan yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala dan menghindari komplikasi. Dengan demikian, diharapkan virus dapat dibasmi oleh sistem kekebalan tubuh pasien.

Mitra ABE, Sebagai bagian dari keluarga sehat yang harmonis dan sejahtera, menjaga kesehatan diri dan keluarga tentu sangatlah penting. Kesehatan memang bukanlah segalanya, namun segalanya menjadi tidak berarti tanpa kesehatan, apalah arti segalanya jika tanpa kesehatan. Apalah artinya rumah yang megah ketika kita sakit, mobil yang mewah ketika kita sakit, ketika suami, anak dan cucu tercinta kita sakit. Oleh karenanya sangat penting bagi kita untuk berani memulai untuk perduli kepada kesehatan diri lebih dahulu, menjaga pola hidup yang sehat, mencegah adanya virus, mencegah penyakit datang,

PT ABE memiliki beberapa produk kesehatan berkualitas yang dapat dihandalkan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga kita tetap baik dengan mengonsumsinya rutin setiap hari.

Fiforlif yang dikonsumsi kandungan seratnya dapat membantu sebagian orang yang mengalami sulit buang air besar menjadi lebih lancar. Banyak yang mengalami gangguan pencernaan karena asupan cairan yang kurang serta konsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendah serat sementara memiliki aktifitas yang tinggi.

Fiforlif merupakan minuman jus yang kaya akan serat dan zat gizi untuk memelihara sistem pencernaan tetap sehat dan berfungsi normal. Dibuat dengan bahan-bahan sayuran dan buah-buahan berkualitas tinggi, kandungan serat di dalam Fiforlif dapat membantu mempertahankan / memelihara fungsi saluran pencernaan khususnya kolon (usus besar). Fiforlif mengandung Probiotik dan Prebiotik yang sangat dibutuhkan tubuh.

Fiforlif sangat membantu dalam mengikat lemak yang terus mengotori saluran pencernaan yang menjadi penghambat penyerapan zat gizi makanan. Fiforlif adalah jus kaya serat dan gizi yang sangat menyegarkan dan mengkonsumsi Fiforlif disarankan untuk tetap memperbanyak minum air mineral (8-10 gelas atau 2 liter per hari sesuai anjuran pakar kesehatan).
.
 

 
  • Manfaat Fiforlif
    ~ Membantu memudahkan Buang Air Besar
    ~ Membantu mempertahankan / memelihara fungsi saluran pencernaan
    ~ Membantu menurunkan kadar kolesterol darah, jika disertai diet lemak jenuh dan rendah kolesterol
    ~ Menjaga tubuh lebih sehat sehingga dapat mencegah penyakit
    .
    Petunjuk Penyajian
    ~ Tuangkan 1 (satu) sachet Fiforlif kedalam gelas/botol shaker
    ~ Tambahkan 150ml air mineral (suhu kamar)
    ~ Aduk/Shake Fiforlif dengan cepat hingga merata
    ~ Segera minum sebelum jus Fiforlif mengental

    Takaran Penyajian
    ~ Untuk kesehatan kolon/pencernaan : 1-2 sachet sehari (orang dewasa)
    ~ Untuk anak-anak usis 13-17 tahun : maksimal 1 sachet sehari
    ~ Untuk anak-anak usia 6-12 tahun : maksimal ½ sachet sehari
    (dianjurkan dikonsumsi sebelum waktu imsak atau saat berbuka puasa)

    ========================================================================================================================================
     

     
    PROLISDA (PROPOLIS + HABBATUSSAUDA)

    Propolis cair yang terbuat dari propolis hijau Brazil (green Brazilian propolis) yang sudah sangat dikenal sebagai propolis terbaik di dunia.

    Ciri Khas Propolis Brazil: Memiliki kandungan zat aktif Artepilin-C (fenolic acid) yang tidak dimiliki oleh propolis lain dan juga kandungan lebih dari 180 fitokimia (vitamin, mineral dan asam amino esensial), Flavonoid dan Quercetin (sebagai anti virus, anti bakteri,anti jamur, anti oksidan dan anti inflamasi yang sangat tinggi) .

    PROLISDA (Propolis dan Habbatussauda), secara umum dari artikel AloDokter, Propolis itu faktanya punya senyawa kimiawi polifenol yang bertugas sebagai antioksidan, untuk mengatasi kerusakan karena penyakit didalam tubuh. Komposisi propolis tidak sama diseluruh dunia, sangat ditentukan oleh lokasi lebah, jenis pohon dan tumbuhan disekitarnya. Bahan baku Prolisda adalah Green Brazilian Propolis dihasilkan oleh lebah spesies Africanized Honey Bee (apis melifera), spesies persilangan dari lebah Eropa dan lebah Afrika Timur yang baru diperkenalkan Brazil tahun 1956. Lebah spesies ini sangat beracun dan membuat propolis yang kuat untuk melindungi diri.

    Propolis yang dihasilkan bisa membantu penyembuhan luka karena virus, bakteri, mengurangi infeksi, peradangan, membantu memperlambat pembekuan darah, dan salah satu yang dibutuhkan oleh penderita Jantung Koroner adalah pengencer darah, Prolisda mempunyai manfaat kandungan untuk membantu mengencerkan darah, sehingga baik untuk penderita jantung coroner, membantu mengurangi kolesterol dan gula darah atau terkait membantu meningkatkan kualitas sel darah.

    Proses & Teknologi : Prolisda diproses secara Lyopilized (beku kering) sehingga tidak merusak kandungan alami propolis dengan nano technology sehingga partikel menjadi sangat kecil, mudah diserap tubuh, dan cairan propolis menjadi sangat jernih berwarna kuning kehijauan.

    Cara konsumsi prolisda
    ~ Teteskan Prolisda ke dalam 1/4 gelas air putih, aduk hingga rata
    ~ Dewasa 3 x sehari 5-7 tetes
    ~ Anak-anak 3 x sehari 1-3 tetes
    ~ Hindari kontak langsung dengan benda yang terbuat dari logam (sendok/gelas logam)

    Kemasan Prolisda kecil dan ringan sehingga sangat praktis, bisa masuk dalam saku/tas & mudah dibawa kemana pun.

    Legalitas & Uji Laboratoium Prolisda :
    1. Badan POM TR.152.686.241 lulus uji laboratorium
    2. Uji kandungan Artepilin-C Laboratorium Fakultas Kedokteran & Farmakologi Universitas Brawijaya – Malang, Jawa Timur
    3. Sertifikat Ketetapan Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) LP-POM 01141262730821

    Harga Prolisda?
    Prolisda, dengan kandungan Propolis terbaik di dunia yang kaya akan manfaat dari kandungannya ini menjadi produk yang sangat dibutuhkan, telah banyak konsumen yang terbantu kesehatannya menjadi lebih baik dan juga karena termasuk produk yang

    dapat digunakan oleh anak-anak juga orang tua, dengan harga yang relatif sangat terjangkau.
    Pastikan membeli produk Prolisda hanya dari Mitra ABE, Mobile Stockist, Stockist Center terdekat atau kantor pusat PT ABE

    PROPOLIS PROLISDA diproses dengan nano technology sehingga sangat jernih, partikel yang sangat kecil sehingga mudah diserap tubuh, tidak menimbulkan kerak diwadah / gelasnya, berizin resmi BPOM RI dan bersertifikat Halal.

    Pastikan membeli produk Prolisda & Fiforlif langsung dari Mitra ABE dan Mobile Center terdekat yaa.., bisa juga di Stockist Center di kota mu atau Kantor Pusat ABE..